PERJUMPAAN NABI KHIDIR DENGAN UMAR BIN KHATHAB


Hasil gambar untuk perjumpaan nabi khidir dengan umar bin khattab

Umar berkata, “ Demi Alla SWT, orang

tersebut adalah Nabi Khidir as. yang pernah
diceritakan Nabi Muhammad SAW
kepadaku.” ( HR. Muhammad bin Munkadir )


Hasil gambar untuk perjumpaan nabi khidir dengan umar bin khattab


Peristiwa ini terjadi saat Umar hendak menshalatkan jenazah. Tiba-tiba terdengar seseorang berkata dari arah belakang, “ Tunggu aku, wahai umar.”
Umar pun menunggu orang tersebut sampai masuk ke dalam shaf dan baru memulai takbir.

Dalam doanya tersebut, Umar berucap, “ Jika engkau mengazabnya, berarti ia durhaka terhadap mu. Namun, bila engkau mengampuninya, maka sesungguhnya ia sangat membutuhkan rahmat mu ya Allah.
Setelah jenazah itu dimakamkan, ada seseorang laki-laki memperbaiki tanah kuburan jenazah tersebut seraya berujar, “Beruntunglah kamu, wahai penghuni kubur, jika kamu tidak menjadi orang yang mengaku, menyimpan, atau menentukan.”
Mendengar itu, Umar berkata pada temannya, “bawalah orang itu kemari. Aku akan menanyakan kepadanya tentang shalatnya dan pembicaraannya tersebut.

Temannya segera mencari orang itu, namun orang tersebut tak lagi ditemukan, selain hanya telapak kakinya yang membekas di tanah yang kira kira sebesar satu hasta.
Umar berkata, “Demi Allah SWT, orang tersebut adalah nabi Khidir as. Yang pernah diceritakan oleh Nabi Muhammad SAW kepadaku,” ( HR. Muhammad bin Munkadir )

0 Comments