7 Masjid Terbesar Yang Ada Didunia




Ketika jumlah populasi muslim di dunia mengalami peningkatan, tempat-tempat ibadah untuk umat muslim pun mulai berkembang. Banyak dibangun masjid yangindah, besar, dan megah. Masjid terbesar di dunia ini berada di negara mana saja? Simak selengkapnya tentang Masjid tebesar dan termegah yang ada didunia !!

 

    1.           Masjid Faisal - Pakistan

 

Masjid Faisal adalah masjid terbesar di Pakistan. Letaknya di Islamabad, ibu kota negara itu. Islamabad. Masjid ini dianggap sebagai Masjid Nasional Pakistan. Namanya menyandang almarhum Raja Faisal bin Abdul-Aziz dari Arab Saudi, yang mendukung dan mendanai proyek pembangunannya. Masjid Faisal berdiri di tanah seluas 5.000 m2. Bisa menampung 10 ribu jamaah dalam ruang shalat, 24 ribu di portico, 40 ribu di halaman, dan 200 ribu dalam halamannya

Masjid terluas di Asia Selatan ini adalah masjid terluas di dunia pada kurun 1986 hingga 1993. Kedudukan itu kemudian diambil alih oleh masjid yang baru rampung saat itu, Masjid Hassan II di Casablanca, Maroko. Perluasan selanjutnya Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah pada 1990-an. Peringkat Masjid Faisal langsung merosot di posisi keempat dalam kategori ukuran.

 

Terletak di ujung utara Faisal Avenue, Masjid Faisal seakan merepresentasikan kemegahan arsitektur Asia Selatan yang jenius, modernitas dan sekaligus ego sang arsitek yang berasal dari Turki. Hadir tanpa bangunan kubah atau dome seperti lazimnya masjid tradisional, masjid terbesar di Pakistan ini memilih hadir garis-garis modern kontemporer bercampur dengan tenda tradisional khas Beduin.

Kemegahannya makin lengkap karena posisinya yang khas: ia terletak di ujung paling utara kota itu dan di kaki Bukit Margalla, kaki bukitan yang paling barat dari Pegunungan Himalaya. Di ketinggian dan berlatar belakang Bukit Margalla yang indah, lokasi yang seakan menegaskan pentingnya masjid ini: ia bisa terlihat dari kejauhan, baik siang maupun malam.

Desain yang tak lazim itu berangkat dari sejarah panjang arsitektur Islam di Asia Selatan, bercampur dengan garis-garis kontemporer dengan wajah lebih tradisional dari tenda Beduin Arab. Semua dituangkan dalam ruang shalat yang luas berbentuk segitiga dengan empat menara. Tak seperti desain masjid tradisional, masjid ini tanpa lindungan kubah. Minaret meminjam desain bentuk mereka dari tradisi Turki. Minaret yang kurus dan mirip pensil.

 

    2.           Masjid Hassan II - Maroko

 

Maroko dikenal sebagai salah satu negara dengan komunitas Muslim terbesar di Benua Afrika. Negeri ini disebut juga dengan Mamlakah Al-Maghribiyah, Kerajaan Barat.

Para ahli sejarah dan geografi Muslim di era kekhalifahan Islam menjulukinya Al-Maghribi Al-Aqsha. Sedangkan orang Turki menyebutnya Fez, dan orang Persia mengenalnya dengan Marakech (Tanah Tuhan). Banyak julukan yang disematkan pada negara ini.

Negara yang berpenduduk sekitar 35 juta jiwa ini, dipimpin oleh seorang raja, dan kepala pemerintahannya dipegang oleh Perdana Menteri. Rajanya bernama Muhammad IV, sedangkan perdana menterinya bernama Abbas El-Fassi.

Di negeri ini, Islam merupakan agama resmi negara. Pemeluk Islam mencapai separuh lebih. Tak heran bila agama Islam sangat besar perannya bagi masyarakat. Maroko seakan menjadi pintu masuk Islam di wilayah Barat.

Sebagai negara dengan penganut Islam terbesar, Maroko memiliki sejumlah tempat ibadah masjid. Dari yang terkecil hingga terbesar. Salah satunya adalah Masjid Sultan Hassan II yang terletak di Casablanca.

Masjid ini merupakan hadiah dari sang raja, yang namanya kemudian diabadikan untuk nama masjid. Dari segi arsitektur, keindahan masjid ini hampir sama dengan masjid Cordoba yang ada di Spanyol. Sedangkan luasnya, hanya kalah dengan Masjid Al-Haram, di Makkah.

Masjid ini diklaim sebagai masjid terbesar kedua di dunia. Namun, ada pula yang menyatakan, Masjid Sultan Hassan II ini terbesar ketiga setelah Masjid Al-Haram (Makkah) dan Masjid Nabawi (Madinah). Dianggap terbesar karena masjid ini mampu menampung sekitar 25 ribu jamaah (dalam ruangan), dan 80 ribu pada bagian luarnya.

Selain luas, Masjid Hassan II ini juga terkenal dengan keindahan bangunan dan arsitekturnya. Hampir setiap sudut masjid terdapat ornamen dan ukiran yang sangat indah. Dinding-dindingnya dihiasi dengan kaligrafi dan mozaik-mozaik yang indah, dengan bahan dasar terbuat dari marmer warna-warni pilihan. Masjid ini juga dilengkapi dengan sebuah menara pencakar langit. Tingginya mencapai 210 meter atau sekitar 689 kaki.

Masjid yang dibangun pada 1980 dan didesain oleh seorang arsitek berkebangsaan Prancis, Michel Pinseau, dan dibangun oleh Bouygues.

 

    3.               Masjid Agung - Makkah

 

Merupakan masjid yang terletak di pusat kota Mekkah, masjid agung atau masjid suci. Masjid yang dipandang sebagai tempat ibadah tersuci untuk semua umat muslim. Masjid ini juga dijadikan sebagai tempat tujuan utama dalam ibadah haji yang dibangun mengelilingi Ka’bah yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah wajib shalat lima waktu. Ini adalah salah satu masjid terbesar yang ada didunia dan diikuti dengan Masjid Nabawi yang terletak di Madinah al-munawarah yang menjadi masjid terbesar kedua. Masjid Al-Haram mampu menampung jamaah sebanyak 820.000 jamaah ketika musim haji tiba. Masjid ini juga tempat bagi para jamaah haji yang melakukan beberapa ritual wajib seperti tawaf dan juga sa’i.

Selama ini masjid ini terus mengalami perluasan area agar dapat terus menampung jamaah haji yang setiap tahunnya semakin bertambah. Masjid ini menjdi tempat ibadah yang tidak pernah sepi selama 24 jam dan salah satu tempat yang selalu dipenuhi dengan umat Islam yang ingin melakukan ibadah. Masjid ini memiliki keunikan yaitu tidak dipisahkan antara jamaah pria dan jamaah wanita dalam melakukan ibadah. Imam besar masjid ini adalah Syaikh Abdurrahman As-Sudais yang merupakan seorang imam yang dikenal dalam membaca Al-Qur’an dengan suara yang merdu dan artikulasi yang jelas dan Syaikh Shuraim.

Terdapat sebanyak 129 pintu di Masjidil haram dan terdapat 4 pintu utama dan sebanyak 45 pintu biasa yang dibuka selama 24 jam. Terdapat sebuah pintu yang sangat populer dan menjadi paling utama yang bernama Babus Salam.

 

    4.           Masjid Nabawi – Arab Saudi


Masjid Nabawi atau Masjid Nabi pertama kali didirikan dan dibangun oleh Nabi Muhammad. Sekarang masjid tersebut menjadi salah satu masjid terbesar di dunia. Terletak di Kota Madinah, masjid agung ini adalah situs tersuci kedua di Islam. Lokasi masjid ini berada tepat di jantung kota dengan banyak hotel dan pasar tua di sekitarnya. Masjid ini juga merupakan situs ziarah utama bagi umat Islam di seluruh dunia.


    5.           Masjid Istiqlal - Indonesia


Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara, Masjid ini juga merupakan masjid nasional Indonesia. Masjid ini terletak di antara Lapangan Merdeka dan Gereja Katedral Jakarta. Masjid yang megah ini pertama kali dibuka untuk umum oleh Presiden Soekarno.

Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Bangunan utama itu dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara tunggal setinggi total 96,66 meter menjulang di sudut Selatan selasar masjid. Masjid ini mampu menampung lebih dari 200.000 jamaah

Non-Muslim bisa mengunjungi masjid ini. Mereka bisa menyaksikan dan belajar sejarah masjid sebab ada pemandu yang siap mengantar.

 

    6.           Masjid Al-Aqsa - Palestina

 

Baitul Maqdis atau bait suci yang terdapat di Palestina. Didalam komplek masjid Al Aqsa terdapat Masjid Jami’ Al Aqsa yang dibangun pertama kali pada masa Umar bin Khattab , masjid ini pernah hancur pada gempa bumi  dan dibangun kembali pada masa Khalifah Abbasiyah Al-Mansur. Masjid Al-Aqsa pernah menjadi arah kiblat umat Islam pada awal hingga tujuh belas bulan setelah hijriah dan akhirnya dialihkan ke Ka’bah yang terdapat di Masjidil Haram. Namun menurut kepercayaan Yahudi itu adalah tempat berdirinya Bait suci pada masa lalu yang dibangun oleh Sulaiman ( Salomon ) . Di dalam Kompleks masjid ada terdapat Kubah batu yang sering disebut al-haram ash-Sharif atau suci noble sanctuary. Temple Mount yaitu situs paling suci dalam Yudaisme tempat dimana bait suci pertama dan juga kedua berlaku umum untuk memiliki.

 

    7.           Masjid Imam Reza - Iran


Ini adalah salah satu masjid yang besar dan juga indah yang terletak di Iran yaitu di wilayah Mashhad. Masjid ini dinamakan Masjid Imam Reza karena di dalam ada sebuah kompleks yang berisikan makan dari Imam Reza yaitu Imam Syiah Imamiyah Kedelapan. Masjid ini juga merupakan masjid terbesar yang ada didunia yang memiliki luas mencapai 598.657 dan tujuh halaman yang juga mengelilingi . Di dalam kompleks masjid indah ini juga terdapat ruang masjid Goharshad, museum, perpustakaan, makam, Universitas Ilmu Islam Razavi, empat seminari, ruang doa yang luas, serta sebuah ruang makan untuk peziarah dan juga bangunan lainya sehingga tempat ini juga dijadikan sebagai tempat pusat pariwisata di Iran.

Nah ini beberapa masjid terbesar dan termegah di dunia yang memiliki sejarah dan keindahannya masing-masing. Masjid yang selalu dipadati oleh umat muslim, Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita, dan semoga kita dapat mengunjungi masjid-masjid terbesar dan termegah di dunia ini, Aamiin. Sekian dulu ya, Terima kasih.


1 Comments