Awal Penciptaan Jin




Allah SWT menciptakan jin sebelum menciptakan manusia, dengan selisih waktu yang lama bila dikiaskan pada manusia maupun jin sendiri. Allah SWT berfirman;
Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari tanah liat kering ( yang berasal ) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan Kami telah menciptakan jin, sebelum itu, dari api yang sangat panas ( QS. Al-Hijr : 26-27 ).

Kalimat “sebelum itu” dalam ayat diatas, mengisyaratkan pada waktu sangat lama yang menunjukkan usia penghunian jin sebelum manusia. Dengan demikian, selisih waktu tersebut bukan hanya 40 tahun bisa jadi tidak melebihi waktu penyusuan bayi jin. Kemungkinan waktu tersebut setara dengan 2000 tahun seperti yang terdapat dalam pendapat yang dinisabkan kepada Abdullah bin ‘Amr ibn Al-‘Ash, dalam satu riwayat yang saya duga adalah palsu. Atau bisa juga menunjukkan waktu yang lebih lama yang mendekati 6000 tahun bila dikiaskan kepada manusia suatu rentang waktu yang di anggap oleh jin sebagai waktu yang sangat lama yang menjadi salah satu kebanggaan mereka.
Namun, apapun juga adanya, pengetahuan tentang masalah ini sama sekali tidak memberi manfaat atau mudarat apapun. Jin sahabat saya, kendati dia Jin Muslim, berkali kali menyebutkan bahwa jin diciptakan Allah sebelum manusia. Dia begitu bangga dengan hal ini, sampai sampai saya harus mengingatkan kepadanya bahwa seorang muslim tidaklah boleh membanggakan dirinya kepada saudara sesame muslimnya, khususnya kelebihan itu hanyalah menyangkut “lebih dulu diciptakan” dan bukan kelebihan esensial yang ada pada diri mereka, tetapi berkaitan dengan kehendak Allah SWT. Jin sahabat saya itu, subhanallah, begitu bahagia karena bisa belajar dari manusia, dan berulang kali mengatakan, “Ajarilah saya….. ajarilah saya.




Sumber buku   : DIALOG dengan Jin Muslim


0 Comments