Biorafi Imam Malik bin Anas, Mahzab Kedua Sekaligus Pendiri Mahzab Maliki setelah Mahzab Hanafi

Biografi Imam Malik 

Pada masa dinasti Bani Umayyah, lahir seorang tokoh cendikiawan terkenal dibidang Fiqihm buku karangannya adalah Al-Muwaththa. Beliau adalah Imam Malik bin Anas.


Kitab Al-Muwaththa yang ia tulis berisikan 5.000 Hadits sahih yang dikumpulkannya bersama para sahabatnya. Selain itu, Imam Malik juga dikenal sebagai pakar ilmu Fiqih dan Hadits yang mendirikan Mazhab Maliki.


Kehidupan

Malik bin Anas lahir di Madinah pada 93 H atau 711 M dengan nama lengkap Abdullah Malik bin Anas bin Malik bin 'Amr al-Harrits. Ia adalah putra dari Anas bin Malik dan Aaliyah binti Shurayk al-Azdiyya. Keluarganya berasal dari suku al-Asbahi Yamin, tetapi kakek buyutnya memindahkan mereka ke Madinah setelah Islam masuk pada 623M.


Selama tinggal di Madinah, Imam Malik menghabiskan waktunya untuk menghafal Al-Qur'an. Ia belajar bacaan dari gurunya yang bernama Abu Suhail Nafi bin Abd ar-Rahman. selain itu, ia juga belajar dibawah bimbingan berbagai ulama terkenal, termasuk Hisham bin Urwah dan Ibn Shihab al-Zuhri.


Selama menjalani bimbingan, Malik dikenal sebagai anak yang sangat cerdas. Ia pernah dibacakan 31 Hadist Rasulullah dan mampu mengulanginya dengan baik, tanpa kesalahan.


Menyusun Kitab Al-Muwaththa

Berkat kepiawaiannya, Imam Malik pun menyusun kitabnya sendiri yang bernama Al-Muwaththa ( Kitab Hadits dan Fiqih ). Malik membutuhkan waktu selama 40 tahun untuk menyelesaikan susunan kitabnya ini. Al-Muwaththa sendiri memiliki arti "Yang disepakati" atau "Tunjangan" atau "Panduan".


Isi kitab ini membahas mengenai ilmu serta hukum-hukum dalam agama islam. Selain itu Al-Muwaththa juga memuat hadits-hadits yang dikumpulkan oleh Imam Malik bersama sahabatnya. Didalamnya juga membahas mengenai berbagai permasalahan tentang agama yang merangkum ilmu, hadits, fiqih, dan sejenisnya.


Semua Hadits yang ditulis dikitab tersebut sahih atau benar. karena Imam Malik terkenal dengan sifatnya yang sangat tegas dalam menerima sebuah Hadits. Imam Malik sangat berhati-hati saat membahas, menerima, atau menolak tentang hadits yang diberikan kepadanya.


Dari 100.000 hadits yang dihafal Imam Malik, hanya 10.000 saja yang diakui sah dan 5.000 saja yang disahkan sahih.


Pendiri Mazhab Maliki

Mazhab Maliki merupakan Mazhab kedua dari empat mazhab fiqih atau hukum Islam yang terkenal dalam Sunni. Mazhab Maliki yang didirikan oleh Imam Malik bin Anas dianut oleh sebagian besar umat Muslim yang dominan tinggal dikawasan Hijaz. bagian dari Arab Saudi, terutama Madinah.


Selain itu, Mahzab Malaki juga tersebar hingga Afrika dan Eropa. Salah satu faktor yang mendukung perkembangan Mahzab Maliki di Afrika adalah kepemimpinan Al-Mu'izz ibn Badis di Ifriqiyah, sekarang bagian dari Tunisia.


Pada waktu, Mu'izz memerintahkan rakyatnya untuk menganut Mazhab Maliki. Sementara itu, Para murid-muridnya dari Mesir juga diminta kembalii ke negaranya untuk menyebarkan Mazhab Maliki.


Wafat

Pada tanggal 10 Rabi'ul Awwal 179 H, Imam Malik mulai jatuh sakit. Ia kemudian wafat di usia 83 atau 84 Tahun di Madinah pada Tahun 795 M. Kemudian Imam Malik dimakamkan di pemakaman Al-Baqi di seberang Masjid Nabawi di Madinah.

0 Comments